ANALISIS BISNIS USAHA DENGAN TEKNIK DAN STRATEGI DALAM KONSEP MANAJEMEN PEMASARAN

ANALISIS BISNIS USAHA DENGAN TEKNIK DAN STRATEGI DALAM KONSEP

MANAJEMEN PEMASARAN

UNI

 

OLEH :

RESTI SETYANINGSIH      2015020076

Manajemen A2

 

FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN

UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA

2017

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

  • LATAR BELAKANG

Manajemen merupakan suatu proses mengelola atau mengatur suatu kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu melalui sekelompok orang yang dapat mendatangkan hasil. Manajemen pemasaran termasuk upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan karena berhubungan langsung dengan konsumen sebagai pemakai produk. Maka manajemen pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan dari perusahaan yang sangat erat kaitannya dengan situasi pasar.

Manajemen Pemasaran meliputi proses analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program pemasaran. Pada tahap awal pemasar perlu melakukan analisis peluang pemasaran untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dengan menganalisis lingkungan pemasaran dan perilaku konsumen. Pada tahap kedua pemasar perlu menyusun perencanaan pemasaran stratejik yaitu dengan merumuskan tujuan pemasaran, mengidentifikasi kendala yang menghambat tujuan, mengembangkan strategi pemasaran, dan menetapkan program pemasaran. Tahap ketiga impelemntasi rencana pemasaran dan tahap terahir adalah pengendaian pemasaran.

  • RUMUSAN MASALAH
  1. Bagaimana analisis bisnis usaha dengan teknik & strategi identifikasi dalam konsep manejemen pemasaran ?
  2. Bagaimana analisis bisnis usaha dengan teknik & strategi penerapan dalam konsep manejemen pemasaran?
  3. Bagaimana analisis bisnis usaha dengan teknik & strategi pemeliharaan dalam konsep manejemen pemasaran?

 

  • TUJUAN PENULISAN
  1. Menganalisis bisnis usaha dengan teknik & strategi identifikasi dalam konsep manejemen pemasaran
  2. Menganalisis bisnis usaha dengan teknik & strategi penerapan dalam konsep manejemen pemasaran
  3. Menganalisis bisnis usaha dengan teknik & strategi pemeliharaan dalam konsep manejemen pemasaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

  • PROFIL USAHA

Dapoer Kalimi merupakan rumah makan yang beralamat di Jalan Pandanaran No. 252, Banaran, Boyolali, Jawa Tengah.

Didirikan oleh Sony yang mengkhususkan menunya pada masakan chinese food yang cita rasanya sudah disesuaikan dengan selera lidah orang Jawa. Berdiri sejak tahun 2015, Dapoer Kalimi memiliki aneka ragam kategori kuliner dan menu minuman.

Dengan nuansa interior yang terasa seperti sedang makan dirumah, perabotan meja dan kursi yang  mayoritas berasal dari olahan kayu pallet.

 

  • ANALISIS USAHA DENGAN TEKNIK & STRATEGI IDENTIFIKASI DALAM KONSEP MANEJEMEN PEMASARAN

 

  1. Identifikasi Daya Beli

Produk dijual dengan harga relatif terjangkau sehingga dapat dinikmati atau dibeli oleh semua kalangan masyarakat. Produk yang dijual bersifat sesuai kebutuhan konsumen. Karena pemesanan produk hanya berdasarkan keinginan dari konsumen.

  1. Identifikasi Permintaan

Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Dalam usaha ini pemasaran atau penjualan produk hanya berdasarkan permintaan dari konsumen. Permintaan konsumen timbul karena adanya keinginan untuk

 

  1. Identifikasi Desain Produk

Produk dibuat dengan kualitas yang baik, dari bahan yang segar dan diolah dengan proses yang higienis sehingga terjamin kebersihan dan kesehatan produk. Dijual dengan harga terjangkau sesuai dengan kualitas produk sehingga dapat dinikmati semua kalangan dan memberikan kepuasan bagi konsumen. Disajikan dalam wadah yang bersih dengan tampilan yang mampu menarik minat konsumen.

    • ANALISIS USAHA DENGAN TEKNIK & STRATEGI PENERAPAN DALAM KONSEP MANEJEMEN PEMASARAN

 

  1. Posisi Tawar

Posisi tawar adalah kondisi dimana terjadinya tawar menawar antara penjual dan pembeli dan posisi tawar ini memiliki tingkat kelemahan yang di tentukan oleh kebutuhan.

Dalam usaha ini tidak terdapat proses tawar dalam pembelian produk oleh konsumen, karena produk dijual dengan tarif harga pas sesuai dengan daftar menu yang diberikan pada konsumen.

Karakteristik pasarnya adalah pasar monopoli karena produsen bebas untuk menentukan harga. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual. Harga ditentukan dari jumlah atau jenis produk  yang dipesan.

Orientasi pada penutupan penjualan dilakukan dengan cara memberikan harga spesial agar tingkat penjualan mencapai penutupan (closing)

  1. Pembauran Teknik Pemasaran

Bauran pemasaran adalah kumpulan variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh suatu usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.

  1. Produk (Product)

Produk yang ditawarkan Dapoer Kalimi memiliki cita rasa makanan khas Chinese Food, Seafood dan European Food.  Menu yang ditawarkan ada enam kategori menu  yaitu perikanan  (aneka seafood dan chines food), peternakan (aneka pengolahan daging), perkebunan ( aneka sayuran), pertanian (aneka jenis  nasi), perairan luas (minuman/ jus) dan menu tambahan yang bersifar Europan food.  Dapoer Kalimi memiliki aneka ragam kategori kuliner, mulai dari capcay, mie goreng, bihun goreng, iga/ sapi bakar, olahan nila, gurami, bandeng, bawal, kwetiauw goreng/ siram, menu hotplate, dan masih banyak lagi variannya.

  1. Tempat (Place)

Strategi tempat adalah strategi yang di dalamnya terdapat kegiatan yang dilakukan perusahaan serta membawa sebagian produk ke pasar agar produsen bekerjasama dengan perantara.  Strategi tempat yang dilakukan oleh Dapoer Kalimie yaitu memiliki lokasi yang cukup strategis yaitu lokasi yang mudah dijangkau oleh pengunjung dan akses ke lokasi juga tidak menyulitkan.

  1. Proses (Process)

Pelayanan yang baik dapat meningkatkan loyalitas dan kepercayaan konsumen terhadap Dapoer Kalimi.  Strategi proses yang diterapkan Dapoer Kalimi adalah peningkatan kinerja karyawan, kecepatan pelayanan seperti kecepatan dalam penyajian hidangan, kecepatan dalam melakukan transaksi terhadap konsumen.  Apabila pandangan konsumen terhadap kecepatan pelayanan dalam penyajian hidangan masih kurang baik konsumen menunggu lama untuk dilayani dalam pemesanan makanan dan  menikmati hidangan yang dipesan,  keluhan pelanggan dapat disampaikan konsumen ke media sosial seperti facebook dan twitter Dapur Kalimi.

  1. Produktivitas dan kualitas (productivity and quality)

Produktivitas yang baik sangat diperlukan untuk kelancaran jalannya proses produksi.  Tingkat produktifitas yang baik dijaga dengan melakukan pekerjaan sesuai dengan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan. Tingkat produktivitas dilihat dari jumlah pelanggan setiap harinya.  Tingkat produktivitas dikatakan tinggi pada saat banyaknya pelanggan datang ke Dapoer Kalimi, umumnya pada hari sabtu dan minggu.  Kualitas jasa didefinisikan dari pelanggan, karena pelanggan dapat menilai apakah jasa tersebut dikaterogikan baik atau tidak, terletak pada sisi keramahan dan kecepatan pelayanan pramusaji.

  1. Promosi (Promotion)

Dalam memasarkan produknya Dapoer Kalimi menggunakan bauran promosi untuk menambah informasi kepada pelanggan tentang pelayanan dan kualitas menu yang ditawarkan.  Promosi yang dilakukan melalui word to mouth dan iklan media sosial.

  1. Harga (Price)

Harga sebagai salah satu elemen penting dari bauran pemasaran yang memiliki peranan untuk menentukan strategi pemasaran.  Hal ini dikarenakan penentuan harga terkait langsung nantinya dengan pendapatan yang diterima oleh Dapoer Kalimi.  Harga yang ditawarkan Dapoer Kalimie menjadi indikasi kualitas makanan yang akan diterima pelanggan.   Harga menu makanan yang ditawarkan Dapoer Kalimi cukup bersaing dan sangat terjangkau.

 

 

 

 

  1. Penyampaian Produk

Rantai distribusi pemasaran yang digunakan dalam usaha ini adalah produsen langsung ke konsumen, saluran distribusi ini merupakan yang paling pendek dan sederhana karena tanpa menggunakan perantara. Produsen menjual produk yang dihasilkan langsung kepada konsumen yang telah memesan produk di tempat usaha.

Kesesuaian persepsi dari pembeli terhadap produk dalam hal ini berhubungan dengan rasa, penyajian dan harga yang sesuai dengan kualitas menu yang disajikan.

 

2.4       ANALISIS USAHA DENGAN TEKNIK & STRATEGI PEMELIHARAAN DALAM KONSEP MANEJEMEN PEMASARAN

  1. Pencitraan

Pencitraan merupakan jenis asosiasi yang muncul dalam benak konsumen ketika mengingat suatu merek atau jasa tertentu. Asosiasi tersebut secara sederhana dapat muncul dalam bentuk pemikiran atau citra tertentu yang dikaitkan dengan suatu merek/brand.

Suatu usaha akan dilihat melalui citranya baik citra itu negatif atau positif. Citra yang positif akan memberikan arti yang baik terhadap produk usaha tersebut dan seterusnya dapat meningkatkan jumlah penjualan produk, sebaliknya penjualan produk suatu usaha akan jatuh atau mengalami kerugian jika citranya dipandang negatif oleh konsumen.

Dalam usaha ini pencitraan dilakukan dengan memberikan pelayanan yang baik dan promosi produk dengan keunggulan cita rasa, kebersihan produk serta tempat dan harga yang terjangkau.

Media yang digunakan untuk melakukan pemasaran adalah media sosial seperti facebook dan Tweeter yang merupakan media penghubung dengan banyak orang yang tidak bisa bertatap muka langsung dengan penjual.

Teknik dalam pemasaran produk Dapoer Kalimi yaitu dengan tatap muka secara langsung, karena konsumen atau pembeli langsung melakukan pemesanan pada tempat usaha.

  1. Komunikasi

Intensitas komunikasi di bangun oleh pegawai pada Dapoer Kalimi dalam wujud pelayanan yang diberikan kepada pelanggan atau konsumen secara langsung.

Media komunikasi yang digunakan adalah media elektronik melalui handphone, dari hal tersebut intensitas komunikasi terjadi karena kemudahan dari fasilitas  yang mendukung pada handphone.

Teknik komunikasi yang digunakan, yaitu teknik komunikasi informatif seperti menyebutkan keunggulan produk, teknik komunikasi persuasif seperti memberikan harga spesial dengan syarat tertentu, teknik komunikasi hubungan manusia seperti komunikasi yang lebih mendalam bertujuan untuk membangun intensitas hubungan agar terjadi suatu transaksi yang berulang-ulang.

  1. Nilai

Nilai guna, produk memiliki manfaat positif karena baik dikonsumsi tubuh, karena diolah dari bahan sayur, daging dan seafood segar.

Nilai kenyamanan, diciptakan dari pelayanan terhadap konsumen. Pelayanan yang ramah dapat menyenangkan konsumen sehingga memberikan rasa nyaman dan memberikan nilai positif pada konsumen untuk kembali melakukan transaksi pemesanan ke Dapoer Kalimi.

 

 

BAB III

PENUTUP

 

  • KESIMPULAN

Dapoer Kalimi menggunakan strategi pemasaran dalam memasarkan produk olahannya. Dengan memperhatikan pencitraan terhadap produk yang dihasilkan. Menjaga kualitas produk menu untuk memberikan kepuasan kepada konsumen sehingga kembali melakukan transaksi pemesanan. Harga yang ditawarkan Dapoer Kalimie menjadi indikasi kualitas makanan yang akan diterima pelanggan.   Harga menu makanan yang ditawarkan Dapoer Kalimi cukup bersaing dan sangat terjangkau.

Strategi proses yang diterapkan Dapoer Kalimi adalah peningkatan kinerja karyawan, kecepatan pelayanan seperti kecepatan dalam penyajian hidangan, kecepatan dalam melakukan transaksi terhadap konsumen.  Dapoer Kalimi melakukan pemeliharaan komunikasi dengan konsumen dengan pelayanan ramah dan menerima kritik masukan dari konsumen apabila terdapat kekurangan pelayanan atau cita rasa dari menu.

 

 

  • SARAN

Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan detail dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber-sumber  yang lebih banyak.

Untuk itu saran berupa kritik terhadap penulis  juga bisa untuk menanggapi tentang isi dari makalah di atas dengan terbuka saya menerima segala kritikan yang diberikan.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

https://akuntansigorgeuz.wordpress.com/2011/02/12/manajemen-pemasaran/

https://alihamdan.id/konsep-pemasaran/

https://belajarmanagement.wordpress.com/2015/06/28/3-pola-pemasaran/

http://febmanajemenunsika.blogspot.co.id/2015/06/analisis-strategi-pemasaran-pt.html

https://wisataboyolali.com/kuliner/restoran/dapoer-kalimi/

http://mutiaralumpur.blogspot.co.id/2010/05/pengertian-pencitraan.html

http://muhammadzhafarlabib.blogspot.co.id/2011/09/definisi-saluran-distribusi-dan.html

http://dennynofyan.blogspot.co.id/2013/07/jenis-jenis-karakteristik-pasar.html

http://www.uniba.ac.id

http://www.supawi-pawenang.blogspot.com

 

Advertisements

Author: Resti Setyaningsih

simple

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s